Banyaknya kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api membuat PT. Kereta Api Indonesia merasa perlu mengedukasi masyarakat tentang keselamatan di perlintasan. Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Polres Pasuruan Kota dan Kodim 0819 Pasuruan, PT. KAI melalui Daop 9 Jember melaksanakan Sosialisasi Keselamatan Perlintasan Sebidang di JPL 155 Semambung Grati pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan membentangkan spanduk dan membagikan brosur kepada pengguna jalan pada saat kereta api melintas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat ketika melintas di perlintasan sebidang kereta api.” Kata Suyono dari perwakilan Daop 9 Jember. “Selain itu untuk mengurangi angka kecelakaan di perlintasan sebidang.” Lanjutnya. Sementara itu Agus Hariyanto dari Dinas Perhubungan menyampaikan “Kami dari Pemda sangat mendukung kegiatan ini, terutama perlintasan di kabupaten Pasuruan yang sering terjadi laka lantas di perlintasan sebidang.”

Dalam kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari PT. KAI Daop 9 Jember, Kapolsek Grati, perwakilan Koramil Grati, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan dan Kepala Stasiun Grati serta Kepala Stasiun Rejoso.