Penyebaran virus corona yang semakin bertambah membuat Forkopimda Kabupaten Pasuruan mengambil kebijakan untuk melakukan Kawasan Tertib Physical Distance. Penetapan Kawasan ini dilakukan di sepanjang Jl. R.A Kartini Pandaan. Jalan yang setiap hari selalu ramai akan lalu lalang dan kegiatan ekonomi masyarakat Pandaan dan sekitarnya ini akan dilakukan penutupan untuk seluruh aktivitasnya baik kendaraan bermotor, pejalan kaki maupun aktivitas jual beli. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Sabtu tanggal 28 Maret 2020 mulai pukul 19.00 sampai dengan pukul 24.00. Kegiatan ini akan berlangsung setiap hari Jum’at – Minggu mulai pukul 19.00-24.00 WIB.

Sebelum penutupan jalan ini, sudah disosialisakan kepada masyarakat di sepanjang jalan R.A Kartini dan sekitarnya, untuk tidak keluar rumah dan menjaga jarak ketika dalam kerumunan. Namun kegiatan ini juga membuat bingung masyarakat, Yoga, salah satu warga Pandaan menyampaikan bahwa penutupan ini sangat mendadak dan belum melakukan persiapan apapun. “Tetapi saya tetap mendukung Langkah pemerintah terutama Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mengurangi penyebaran virus corona” sambung dia. “Semoga wabah ini cepat selesai dan bisa beraktifitas seperti semula” lanjutnya sambil memberesi barang dagangannya.

Kegiatan ini menjadi perhatian Bupati Pasuruan, HM. Irsyad Yusuf, hal ini ditunjukkan dengan mengunjungi wilayah physical distance bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan diantaranya Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan, Komandan Kodim 0819 Pasuruan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Bapak Sudiono Fauzan, dan beberapa kepala OPD Pemkab Pasuruan.