Wisata di TNBTS Dibuka Kembali, Dishub Kabupaten Pasuruan Lakukan Ramp Check Jeep

Dishub Pasuruan

7 Bulans yang lalu

Pengumuman pembukaan kembali Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru oleh Kepala Balai Besar TNBTS disambut hangat oleh pegiat wisata terutama kalangan pengemudi jip. Untuk menindaklanjuti pembukaan dan antusiasme pengemudi jip, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan melakukan pemeriksaan atau ramp check terhadap kendaraan jip yang digunakan untuk mengangkut wisatawan berkeliling menikmati keindahan Bromo. Kendaraan berjenis Toyota FJ 40 atau yang sering dikenal dengan Jeep Hardtop ini dilakukan pengecekan oleh tim penguji dari Dinas Perhubungan dengan mengcek beberapa komponen yang ada pada badan kendaraan seperti fungsi rem, fungsi kemudi, ban, maupun kelengkapan kendaraan yang lainnya. Kendaraan jeep yang diperiksa tersebut berasal dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Tosari.

Dari hasil pemeriksaan sekitar 20 kendaraan jeep hardtop ini, diketahui bahwa kendaraan yang digunakan dalam kondisi bagus  dan bisa beroperasi, namun ada komponen yang harus diperbaiki pada beberapa kendaraan seperti selang rem yang retak-retak maupun sistem kopling kendaraan yang harus segera diperbaiki. Kabid Angkutan dan Sarana Dishub Kabupaten Pasuruan, mendampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan menyampaikan bahwa hal ini untuk menjamin kelaikan kendaraan jeep ketika beroperasi mengangkut wisatawan. “Memang kendaraan jeep ini bukan termasuk dalam kendaraan wajib uji namun kendaraan ini digunakan untuk mengangkut penumpang atau wisatawan, jadi kami melakukan pengecekan ini untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan laik jalan” lanjut pria bertubuh tambun ini.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari sedini mungkin” sambungnya. Sementara itu dari kalangan pengemudi jeep yang ada menyambut baik apa yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan ini dan berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini. “Kami berterimakasih kepada Bapak Bupati Pasuruan dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dan berharap semua kendaraan jeep yang beroperasi di Kecamatan Tosari bisa diperiksa semua” kata Aldys, salah satu pengemudi jeep.

Seperti diketahui bahwa pembukaan kembali Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dilakukan setelah insiden kebakaran di wilayah padang rumput di kawasan TNBTS beberapa waktu yang lalu.