Pembinaan Jukir dan Pengawas Jukir

Dishub Pasuruan

2 Bulans yang lalu

Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan melakukan pembinaan juru parkir dan pengawas juru parkir pada hari Rabu-Kamis 6-7 Maret 2024 di Aula Dinas Perhubungan. Pembinaan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, S.Sos., M.Si. melalui online. Dalam sambutannya Pak Sekda menyampaikan apresiasi kepada para juru parkir yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyrakat terutama di sektor perparkiran. “Pembinaan juru parkir ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kepada jukir dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Selain itu dalam pembinaan ini diharapkan menjadi timbal balik bagi pemerintah daerah terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas” sambungnya. Sebelum menutup sambutannya, pria yang akrab dipanggil Pak Yudha ini menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas agar diniati sebagai ibadah agar menjadi berkah bagi para jukir

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Dr. Eka Wara Brehaspati SSTP, MSi menyampaikan perkenalan diri sebagai kepala dinas yang baru menggantikan Drs Agus Hariwibawa yang beralih tugas ke Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Dalam sambutannya, Pak Eka menyampaikan untuk melakukan 3S (sapa, senyum dan salam) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Tertibnya parkir di Pasuruan merupakan salah satu cermin ketertiban di Kabupaten Pasuruan” sambungnya. Selain itu beliau berpesan untuk menghindari pungli terhadap pengguna jasa parkir.

Kegiatan pembinaan jukir ini juga dihadiri oleh Satlantas Polres Pasuruan, Satlantas Polres Pasuruan Kota dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan serta dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai narasumber. Dari Satlantas menyampaikan pentingnya tertib berlalu lintas baik ketika dalam perjalanan menuju tempat bekerja serta dalam pelaksanaan tugas agar dapat mengurangi kemacetan dan kecelakaan di jalan. Sedangkan perwakilan Satpol PP menyampaikan untuk membantu menjaga ketertiban di lingkungan kerja atau di lokasi parkir. Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan juga menyampaikan perlunya asuransi bagi tenaga kerja terutama juru parkir dan pengawas jukir.