Launching Smart System PJU

Dishub Pasuruan

6 Bulans yang lalu

Rabu, 8 Nopember 2023 Dinas Perhubungan melakukan Launching Smart System PJU. Kegiatan launching ini dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bapak Tri Agus Budiarto. Smart System PJU ini merupakan salah satu upaya dari Dinas Perhubungan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat terkait PJU di Kabupaten Pasuruan. Banyaknya keluhan masyarakat ke Dinas Perhubungan terkait PJU mengisiasi untuk Dinas Perhubungan untuk memberikan respon cepat terkait keluhan-keluhan tersebut.

Seperti diketahui, mulai Tahun 2022 pengelolaan PJU di Kabupaten Pasuruan kewenangannya berpindah dari Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi ke Dinas Perhubungan dengan jumlah asset mencapai 47.165 unit pju. Dengan banyaknya lokasi tersebut menyulitkan kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan pengecekan setiap titik pju, selain jumlah SDM yang terbatas juga belum adanya aplikasi yang mampu mengontrol dan mengatur lampu pju tersebut.

Dalam launching in, bapak Tri Agus Budiarto menyampaikan “untuk mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju dan mempercepat penanganan keluhan masyarakat dibutuhkan sebuah inovasi”. “Smart system ini merupakan salah satu inovasi untk mengatasi permasalahan tersebut dan semoga semakin lebh baik dalam pelayanan terutama di bidang pju” imbunya.

Smart system pju ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan tersebut di waktu yang akan datang. Untuk saat ini smart system ini dilaksanakan pada 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan dan akan dikembangkan untuk semua kecamatan. Dalam launching ini baru diujicoba pada 10 titik lokasi pju sebelum diberlakukan pada 3 kecamatan tersebut.