KOMPAKK BUKA KIOS OLEH-OLEH DI TERMINAL WISATA PASREPAN

Dishub Pasuruan

6 Bulans yang lalu

Untuk memudahkan wisatawan yang sedang menikmati pemandangan alam di Kabupaten Pasuruan mendapatkan oleh-oleh khas Pasuruan, Komunitas Perempuan Pengusaha Kreatif atau yang dikenal dengan KOMPAKK membuka kios pusat oleh-oleh di Terminal Wisata Pasrepan. Pembukaan kios tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Nopember 2023 yang dihadiri oleh Ketua Kadin. Bapak Eko Wudiatmo, Ketua KOMPAKK,  Ibu Hj Rusti Hidayati, Forkopimcam Kecamatan Pasrepan, Dinas Perhubungan dan kepala desa serta tokoh masyarakat setempat. Pembukaan kios pusat oleh-oleh Kabupaten Pasuruan ini diawali dengan bakti sosial membagikan 300 paket sembako di beberapa dusun yang ada di Kecamatan Pasrepan diantaranya Dusun Klakah, Dusun Petung dan Dusun Tempuran Desa Mangguan Kecamatan Pasrepan. 

Ketua KOMPAKK menyampaikan "Pembukaan kios ini memudahkan wisatawan yang akan menuju ataupun pulang dari Bromo mendapatkan oleh-oleh khas Kabupaten Pasuruan". "Karena selama ini masih kurang kios yang menjual oleh-oleh khas Pasuruan di jalan menuju Bromo" sambungnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Bapak Drs. Agus Hariwibawa yang dalam kesempatan ini didampingi oleh Kabid Prasarana menyampaikan "Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KOMPAKK yang mau membuka kios di Terminal Wisata Pasrepan". "Mudah-mudahan wisatawan semakin mudah mendapatkan oleh-oleh khas Pasuruan dan Terminal Wisata Pasrepan akan semakin ramai" imbuhnya. Kios oleh-oleh khas Pasuruan ini menjual beberapa produk umkm Kabupaten Pasuruan seperti makanan ringan (kripik, snack), minuman ringan (sinom, beras kencur, sari buah), kopi hingga kain batik khas Pasuruan 

Seperti diketahui Terminal Wisata Pasrepan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan berada di lokasi yang strategis untuk menuju kawasan TNBTS, namun masih kurangnya kios oleh-oleh khas Pasuruan yang ada membuat wisatawan hanya sekedar lewat. Pembukaan kios ini merupakan salah satu cara untuk menghidupkan kembali Terminal Wisata Pasrepan yang sebelum pandemi covid pernah dikunjungi salah satu artis ibukota Raffi Ahmad ini.