Forum Perangkat Daerah dan Konsultasi Publik Rencana Kerja Tahun Anggaran 2025

Dishub Pasuruan

2 Bulans yang lalu

Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan melakukan Forum Perangkat Daerah dan Konsultasi Publik Rencana Kerja Tahun 2025 di Ascent Premiere Hotel and Convention Kota Pasuruan. Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Drs. Agus Hariwibawa, selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan yang lama dan dilanjutkan oleh Kepala Dinas Perhubungan yang baru yaitu Bapak Doktor Eka Wara Brehaspati, S.S.TP., M.Si. Dalam pengarahannya Bapak Agus menyampaikan bahwa masih banyak tugas dari Dinas Perhubungan yang menjadi pekerjaan rumah, seperti PJU, palang pintu perlintasan kereta api, angkutan umum dan masih ada beberapa lagi. Selain menyampaikan pengarahan, Pak Agus juga berpamitan kepada para undangan yang hadir pada acara tersebut, hal ini dikarenakan mulai hari Selasa, 27 Februari 2024 berpindah tugas sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu Bapak Eka, selaku Kepala Dinas yang baru menyampaikan bahwa tugas pokok dari Dinas Perhubungan tidak bisa terlepas dari pentahelix dalam pelaksanaannya yaitu lima unsur stakeholder yang berperan dalam mengembangkan sinergi antara lain akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, media. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain dari Satlantas Polres Pasuruan, Satlantas Polres Pasuruan Kota, Forum Anak Kabupaten Pasuruan, Forum Disabilitas Kabupaten Pasuruan, perwakilan OPD dan kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Beberapa usulan untuk kegiatan tahun 2025 yang disampaikan oleh peserta antara lain pemasangan PJU dan pemeliharaan PJU, pemasangan palang pintu kereta api, pemasangan fasilitas perlengkapan jalan, penyediaan angkutan umum bagi pelajar, penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas yang kurang, manajemen dan rekayasa lalu lintas pada titik kemacetan serta penambahan sarana prasaran perhubungan yang mendukung kegiatan pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Dari beberapa usulan yang bukan kewenangan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan akan diteruskan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur maupun BPTD Kelas II Provinsi Jawa Timur yang merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Perhubungan.

Pj Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, S.H., M. Kes, yang hadir pada saat penutupan menyampaikan pesan bahwa Dinas Perhubungan mempunyai peran yang sangat penting dalam pelayanan langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain : responsibilitas, digitalisasi pelayanan, kolaborasi dan sinergitas dengan pemangku kepentingan yang lain harus tetap terjaga dengan baik. Dalam sambutan penutupannya, pria yang murah senyum ini menyampaikan bahwa proses forum perangkat daerah ini jangan hanya sebagai penggugur kewajiban tapi harus ada yang dilakukan untuk pelayanan kepada masyarakat.