Dishub dan Satlantas Kembali Lakukan Ramp Check di Bromo

Dishub Pasuruan

4 Bulans yang lalu

Setelah bulan September dan November kemarin, Selasa, 20 Desember 2023, Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Pasuruan melakukan ramp check kendaraan angkutan wisata jeep di kawasan TNBTS. Pemeriksaaan kendaraan yang juga dihadiri oleh Kapolres Pasuruan diawali dengan beberapa kegiatan antara lain pemeriksaan kesehatan bagi pelaku wisata, rapat koordinasi forum komunikasi pariwisata dan juga pembagian sembako oleh Polres Pasuruan. Kegiatan ramp check  sendiri juga menghadirkan petugas cek fisik dari Samsat Polres Pasuruan, bengkel APM Toyota dan penguji kendaraan dari Dishub Kabupaten Pasuruan.

Kapolres Pasuruan yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada pelaku wisata di Tosari atas perhatiannya dalam memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi para wisatawan yang berkunjung di TNBTS. "Kegiatan ini menunjukkan kehadiran pemerintah dalam penyelenggaraan wisata di TNBTS apalagi menjelan Libur Natal Dan Thaun Baru 2023" sambungnya Dalam kesempatan dialog dengan Forum Komunikasi Pariwisata Kecamatan Tosari, ketua Forum menyampaikan beberapa unek-unek terkait penyelenggaraan pariwisata di Tosari, seperti sering terjadinya kemacetan di Penajakan ketika peak season, kurangnya komunikasi antar pelaku wisata, biaya yang tinggi ketika melakukan perpanjangan nomor kendaraan 5 tahun dan lain sebagainya.

Sementara itu dari hasil ramp check terhadap kendaraan jeep di Tosari tidak ditemukan kendala yang cukup berarti, namun perlu diperhatikan sistem pengereman dan suspensi kendaraan, mengingat kondisi jalan yang dilalui oleh jeep tersebut cukup bervaiasi mulai tanjakan terjal, turunan curam dan kontur jalan yang tidak rata ketika melintasi lautan pasir.