Untuk meningkatkan keselamatan berlalulintas di jalan, Satlantas Polres Pasuruan bekerja sama dengan BPTD XI Wilayah Jatim, Dishub Provinsi Jawa Timur dan Dishub Kabupaten Pasuruan menggelar Operasi Gabungan Keselamatan dan Ketertiban Angkutan Jalan di Tempat Khusus Parkir Cargo Beji pada hari Rabu 14 Januari 2020.
Dalam pengarahannya ketika apel persiapan pasukan, Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Bayu Halim Nugroho, S.H., S.I.K. menyampaikan bahwa target dari giat ini adalah kendaraan angkutan barang dan angkutan umum terutama yang over dimensi dan over loading. Sedangkan Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Pasuruan, Julianto Budhi, A.Md LLAJ, ST, MM menyampaikan agar penguji kendaraan yang terlibat dalam operasi ini lebih teliti dan focus dalam melakukan pengecekan laik jalan kendaraan yang diperiksa khususnya yang menyangkut pelanggaran teknis laik jalan.
Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K., S.H., M.H. Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan bahwa pentingnya keselamatan berlalu lintas semua elemen harus ikut terlibat termasuk pengguna jalannya, ketika menyalahi aturan maka akan berhadapan dengan hukum.
Hasil dari giat operasi gabungan tersebut dilakukan tilang terhadap 22 kendaraan dan 5 kendaraan dilarang beroperasi karena tidak laik jalan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat agar tercipta keselamatan di jalan.