Peningkatan Keselamatan Berlayar

dishub.pasuruankab.go.id, Pasuruan- Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan melakukan Sosialisasi Peningkatan Keselamatan Berlayar bersama KAMLADU TNI AL, Syahbandar Pasuruan, Polairud Polres Pasuruan dan juga Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. Sosialisasi dilakukan di Kaligung, Kraton, Pasuruan pada Selasa 8 Mei 2018.

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan penjelasan mengenai kelengkapan dokumen berlayar, selain itu diberikan pemahaman tentang larangan penggunaan alat tangkap ikan yang dilarang dan asuransi untuk nelayan.

Peserta Sosialisasi Peningkatan Keselamatan Berlayar
Para narasumber untuk Sosialisasi Peningkatan Keselamatan Berlayar

Saat ini banyak nelayan yang tidak memiliki dokumen berlayar berupa pas kecil. Oleh karena itu, dalam sosialisasi ini juga menjelaskan mengenai pentingnya dokumen kapal. Dokumen kapal sangat penting, karena nantinya akan memberikan perlindungan dan rasa aman bagi peserta pengguna maupun pemilik kapal saat mencari nafkah dengan berlayar. Tidak hanya penjelasan dokumen kapal, wejangan juga diberikan oleh narasumber. Harapannya adalah nelayan dapat mengerti, memahami dan melaksanakan peraturan yang ada. Sesi tanya jawab juga dilakukan agar sosialisasi berjalan dua arah dan lebih mudah dipahami oleh peserta.

Pemberian pelampung untuk para peserta Sosialisasi
Para narasumber bersama dengan peserta
Para narasumber bersama peserta Sosialisasi